Nama : Muhammad Nizar Hasan Bisri
Kelas : 11.8C.10
Mata Kuliah ERP
pertemuan 7 (Quiz)
1. Pada tahap awal sejarah ERP menurut anda modul
apa yang pertama kali dihasilkan?
2.
Jelaskan bagaimana peran modul Finance and
Accounting terhadap modul Procurement? Berikan contohnya!
3.
Evaluasi apa yang dilakukan pada penerapan ERP
agar tidak mengalami kegagalan?
4.
Bagaimana memberikan penilaian terhadap
penerapan ERP pada sebuah perusahaan?
5.
Apakah ERP dapat diterapkan pada orgasisasi non
profit? Jika Ya menurut anda organisasi apa yang sudah menerapkan ERP?
Jawaban:
1. Menurut
saya pada tahap awal adanya sistem ERP modul yang pertama kali dihasilkan yaitu
Modul Inventory karena dalam sejarahnya pada saat itu sistem pabrikan fokus
kepada pengendalian Inventory (Inventory Control).
2. Peran
modul Finance and Accounting terhadap modul Procurement yaitu ketika salah satu
proses dari modul Procurement yaitu purchase
requisition dalam hal ini aktivitas dari modul Procurement meminta
persetujuan dari modul Finance and Accounting yang mana disini berwenang
sebagai pemberi keputusan.
3. Ada
beberapa yang perlu dilakukan evaluasi dalam sistem ERP yaitu :
1. Menentukan
apakah tujuan dan objectivitas sistem tercapai
2. Menentukan
apakah prosedur operasional, aktivitas operasi dan kontrol sudah sempurna
3. Menentukan
apakah keperluan pengguna telah dipenuhi
4. Menentukan
apakah batasan sistem perlu diperhatikan
4. Evaluasi
kualitas informasi dilakukan pada tiga kriteria yaitu, subject, object dan
process dimana ketiganya memiliki indikator yang membentuk kualitas tersebut.
Untuk memenuhi kriteria subject maka informasi harus disajikan dalam format
yang mudah dipahami serta relevan dengan kebutuhan pengguna, penilaian kriteria
object didasarkan pada kemudahan akses informasi yang komplit dan aktual,
sedangkan kriteria process dievaluasi dari akurasi informasi dan kecepatan
respon atas permintaan pengguna.
5. Tentu
saja dapat diterapkan pada organisasi non-profit, contoh nya pada organisasi
gereja. Dikutip dari http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JRST/article/view/3517/2237
bahwa organisasi gereja ini menggunakan sistem ERP. Berdasarkan hasil
pengumpulan data diperoleh 7 komponen sistem ERP di GKSPMDkS, yaitu komponen
Finansial, Inventory, Layanan Umat (Service), Proses Pelayanan, Pengelolaan
SDM, Distribusi Informasi, dan Penjualan Benda Rohani.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar